Sumber Daya Manusia (SDM)_-“

Pengertian SDM
Pengertian dan Ruang Lingkup Manajemen Sumber Daya Manusia
Terdapat perbedaan pendapat diantara para ahli terhadap pengertian manajemen sumber daya manusia sebagaimana yang disadur oleh Bambang Wahyudi dalam bukunya manajemen sumber daya manusia sebagai berikut :
Menurut Flippo Edwin B. (1982 :10) :
“Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan dari pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahan sumber daya manusia ke suatu titik akhir dimana tujuan-tujuan perorangan, organisasi dan masyarakat terpenuhi.”

Menurut Andrew F. Sikula (1981:12) :

“Manajemen Sumber Daya Manusia Adalah penerapan sumber daya manusia oleh dan dalam perusahaan”.

Lebih lanjut F. Sikula (1981 : 13) menjelaskan bahwa :
“Manajemen Sumber Daya Manusia adalah proses penarikan, penyeleksian, penempatan, Indoktrinasi, pelatihan, dan pengembangan sumber daya manusia oleh dan didalam suatu perusahaan”.

Menurut Wayne F. Cascio / Elias M. Awad : (1981 :5) :

“Manajemen Sumber Daya Manusia adalah penarikan, seleksi, penerimaan, pengembangan, dan pemanfaatan sumber daya manusia dalam rangka pencapaian tujuan baik individu maupun organisasi”.

Menurut Bambang Wahyudi (1991 :12) :

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah ilmu dan seni atau proses memperoleh, memajukan atau mengembangkan, dan memelihara tenaga kerja yang kompeten sehingga tujuan organisasi tercapai secara efisien dan terdapat kepuasan dalam diri pribadi

Sedangkan pengertian manajemen sumber daya manusia menurut Dale Yoder yang disadur oleh Malayu S.P. Hasibuan (1995 : 4) :
“Manajemen sumber daya manusia adalah penyediaan, kepemimpinan dan pengarahan para karyawan dalam pekerjaan atau hubungan kerja mereka”.

Manajemen sumber daya manusia merupakan ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat (Hasibuan : 1995).
Dari pengertian-pengertian di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa manajemen sumber daya manusia adalah suatu fungsi dalam organisasi yang mengusahakan pengolahan sumber daya manusia dalam rangka mencapai tujuan individu, organisasi dan masyarakat.

kesimpulan :
Sumber daya manusia adalah semua potensi yang berhubungan dengan data kependudukan yang dimiliki oleh suatu daerah atau negara yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
Kualitas sumber daya manusia merupakan merupakan komponen penting dalam setiap gerak pembangunan. Hanya dari sumber daya manusia yang berkualitas tinggilah yang dapat mempercepat pembangunan bangsa. Jumlah penduduk yang besar, apabila tidak diikuti dengan kualitas yang memadai, hanyalah akan menjadi beban pembangunan. Kualitas penduduk adalah keadaan penduduk baik secara perorangan maupun kelompok berdasarkan tingkat kemajuan yang telah dicapai.
Tiga faktor utama penentu HDI ( Human Development Indeks ) yang dikembangkan UNDP adalah :
1. Pendidikan
2. Kesehatan
3. Ekonomi
Pengembangan sumber daya manusia dapat diartikan sebagai usaha mempersiapkan orang baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat dengan segala kedudukannya. Hal ini berarti bahwa usaha itu tidak terbatas pada pembinaan kemampuan fisik melainkan juga kemampuan mental sebagai pendukung suatu kebudayaan. Dengan demikian maka pengembangan sumber daya manusia itu harus dapat mempersiapkan keterampilan jasmaniah seseorang agar ia dapat memenuhi kebutuhan hidup dirinya serta tanggungannya.

Read more: http://hitamandbiru.blogspot.com/2012/07/makalah-sumber-daya-manusia.html#ixzz2IEgIrQPd
sumber:http://silapcity.blogspot.com/2009/03/pengertian-sdm.html

Leave a comment